Tinjauan Manajemen

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Raden Rahmat Selalu Berkomitmen Untuk Memberikan Peluang Adanya Koreksi Terhadap Proses Dan Pencegahan Hasil Akhir Yang Tidak Sesuai. Oleh Karena Itu, Tinjauan Manajemen LPM Disusun Dengan Mempertimbangkan Semua Aspek Yang Terkait Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Efektifitas Dan Efisiensi Sistem Manajemen. Hasil Dari Tinjauan Manajemen Ini Menjadi Dasar Perlunya Perubahan Sistem, Bahkan Perubahan Organisasi Di LPM UNIRA Malang.

Tinjauan Manajemen LPM Dilaksanakan Dalam Beberapa Tahapan. Secara Umum Proses Tinjauan Manajemen LPM Sebagai Berikut:

  1. Persiapan Tinjauan Manajemen. Diawali Dengan Penyusunan Konsep Teknis Pelaksanaan Tinjauan Manajemen, Terdiri Dari Jadwal, Data Yang Diperlukan Untuk Bahan Tinjauan Manajemen Dan Pembagian Tugas. Selanjutnya Rapat Pleno LPM Akan Memberikan Koreksi Dan Persetujuan Terhadap Konsep Pelaksanaan Tinjauan Manajemen.
  2. Pelaksanaan Tinjauan Manajemen. Pengumpulan Data Terkait Program LPM Oleh Masing-Masing Bidang Dengan Mengacu Kepada Sasaran Mutu LPM. Masing-Masing Bidang Diberi Waktu Untuk Membahas Capaian Sasaran Mutu Masing-Masing. Hasil Pembahasan Tersebut Disertai Dengan Uraian Hambatan, Koreksi Dan Pencegahan/Terobosan Baru Yang Dilakukan Dalam Pelaksanaan Program-Programnya. Hasil Pembahasan Tersebut Disampaikan Kepada Sekretaris LPM, Selaku Manajemen Representatif, Untuk Dilakukan Kompilasi Dan Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Sistem.

Pelaporan Tinjauan Manajemen. Hasil Kompilasi Dan Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Sistem Di LPM Dirumuskan Dalam Suatu Laporan Tertulis. Konsep Laporan Tertulis Tersebut Disampaikan Kepada Semua Personil LPM Untuk Diperiksa Ulang. Selanjutnya Revisi Terhadap Laporan Disampaikan Kepada Pimpinan Universitas Islam Raden Rahmat Untuk Mendapatkan Arahan Dan Kebijakan Terkait Organisasi LPM.

LPM UNIRA Malang Telah Melakukan Tinjauan Manajemen Terhadap Unit Lembaga Di Lingkungan Civitas Akademika UNIRA Malang. Adapun Bentuk Tinjauan Manajemen Adalah Setiap Unit Kerja (Biro/Bagian/UPT, Laboratorium) Dasar Awal Dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Diharuskan Memiliki “Dasar Dokumen Yang Realistis” Dalam Hal Ini Berupa Dokumen “Standard Operating Procedure (SOP)”.

Adapun Terkait Dokumen SOP Unit Kerja Sebagai Berikut:
1. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
    a. Template Pembuatan SOP    
    b. SOP AIMA (Audit Internal Mutu Akademik)
    c. SOP Evaluasi Kepuasan Pengguna Layanan
    d. SOP Management Review, Penyusunan Proker & Rapat Kerja LPM
    e. SOP Penyusunan Dokumen SPMI
    f. SOP Monev Biro/Lembaga/Unit
    g.  SOP Penyusunan Pendampingan Dokumen
    h. SOP Simulasi Visitasi Asesor BAN-PT
    i. SOP Pembutan SOP Unit Kerja
    j.  SOP Pengajuan Usulan Akreditasi Universitas Ke BAN-PT
    k.  SOP Pengajuan Usulan Akreditasi Program Studi Ke BAN-PT
    l. SOP Survei Banding Hasil Akreditasi
    m.  SOP Pelatihan Penyusunan Dokumen Borang Akreditasi (Sesuai Template BAN-PT)
    n. SOP Updating Konten Website LPM
    o.  SOP Pelayanan/Konsultasi Banding Hasil Akreditasi
    p.  SOP Pelatihan Narasumber SPMI
    q.  SOP Sertifikasi Auditor Mutu Internal
    r.  SOP Pelatihan SPMI & AIMA
    s.  SOP Pelaksanaan SPMI & AIMA
2. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
    a. SOP Pedoman Hibah Penelitian
    b. SOP Hibah Pengabdian Masyarakat
    c. SOP Rencana Stratejik Program Pengabdian Masyarakat
    d. SOP Rencana Induk Penelitian (RIP)
     e. SOP Pedoman Evaluasi Beban Kerja Penelitian
     f.  SOP Pedoman Evaluasi Beban Kerja Pengabdian
     g.  SOP Pelaksanaan KKN
3. Biro Administrasi Akademik (BAA)
    a. SOP Pembuatan Kalender Akademik
    b. SOP Pelaksanaan Awal Semester
    c. SOP Penyusunan Jadwal Awal Perkuliahan
    c. SOP Prosedur Proses Akademik Perkuliahan
    d. SOP Pendaftaran Sidang Sarjana
    e. SOP Pelaksanaan Yudisium
4. Biro Administrasi Umum (BAU)
    a. SOP Surat Masuk
    b. SOP Surat Keluar
    c. SOP Prosedur SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas)   
    d. SOP Pengarsipan Dokumen
5. Biro Perencanaan Keuangan (BPK)
    a. SOP Pengelolaan Keuangan
    b. SOP Anggaran Program Studi
    c. SOP Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT)
    c. SOP Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan
    c. SOP Pendanaan Internal Setiap Awal Tahun Akademik
6. Biro Kepegawaian (BK)
    a. SOP Perekrutan Pegawai
    b. SOP Izin Pegawai
    c. SOP Kenaikan Gaji Berkala
    d. SOP Kenaikan Pangkat Pegawai
    e. SOP Penerbitan Pangkat Pegawai
    f. SOP Jafung Dosen
    g. SOP Penerbitan SK Jafung Dosen
    h. SOP Penerimaan & Pengangkatan Pegawai
    g. SOP Pensiun Pegawai
    h. SOP Lembur Pegawai   
    h. SOP Perpindahan Internal Pegawai
    h. SOP Perpindahan Eksternal Pegawai
7. Biro Operasional & Manajemen (BOM)
    a. SOP Sistem Informasi
    b. SOP Sarana dan Prasarana
    c. SOP Kerumahtanggaan
8. Bagian Kemahasiswaan & Alumni (BKA)
    a. SOP Pedoman Kemahasiswaan
    b. SOP Unit Kreatifitas Mahasiswa (UKM)
    c. SOP Pedoman Operasional Kemahasiswaan
9. Bagian Perpustakaan (BP)
    a. SOP Layanan Perpustakaan
    b. SOP Peminjaman Buku Oleh Dosen
    c. SOP Peminjaman Buku Oleh Mahasiswa
    d. SOP Pengembalian Buku
10. Bagian Administrasi Fakultas (BAF)
    a. SOP Administrasi Akademik
    b. SOP Panduan/Pedoman Skripsi
    c. SOP Panduan KKN
    d. SOP Pedoman Akademik
11. Bagian Administrasi Program Studi (BAPS)
    a. SOP Penetapan Dosen Pembimbing Akademik
    b. SOP Penetapan Dosen Pembimbing PKL/PPL
    c. SOP Penetapan Dosen Pengampu Mata Kuliah
    d. SOP Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi
    e. SOP Penentuan Dosen Penguji Skripsi

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 117 times, 1 visits today)