Standar Mutu Lembaga

Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA Malang) Sebagai Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan Di Indonesia, Sejak Berdiri Berdasarkan SK Mendikbud RI  No. 188/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Islam Raden Rahmat Yang Di Sahkan Oleh Mendikbud RI Bapak Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA, Ph.D, 6 Tahun Berjalan Sejak Resmi Berdiri Pada Tanggal 01 Juli 2014 UNIRA Malang Telah Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Menetapkan, Melaksanakan, Mengevaluasi, Meningkatkan & Mengembangkan Secara Berkelanjutan Melalui Lembaga Strategis LPM UNIRA Malang.

Hal Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Pemenuhan UNIRA Malang Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi  dan Peraturan Rektor Universitas Islam Raden Rahmat Nomor 1 Tahun 2016 tentang Standar Mutu Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK).

Terbitnya Instrumen Akreditasi Terbaru, Baik Untuk Program Studi Maupun Perguruan Tinggi. Maka Kebutuhan Audit Tentang “Standar Mutu Lembaga” ini Untuk Mengevaluasi Penerapan SPMI UNIRA Malang Menjadi Sangat Penting & Bersifat Wajib.

Dengan Latar Belakang Kebutuhan Tersebut, Maka Kegiatan AIMA & Audit Standar Mutu Lembaga Tahun 2020 Ini Juga Berlaku Bagi Seluruh Unit Lembaga Di Lingkungan Civitas Akademika Universitas Islam Raden Rahmat Yaitu (Fakultas, Program Studi, Laboratorium, Lembaga, Biro, Bagian). Lingkup AIMA & Standar Mutu Lembaga Meliputi Sebagai Berikut:
1. Rencana Tindak Lanjut (RTL) Terhadap Hasil AIM (Audit Internal Mutu) Tahun Sebelumnya.
2. Rencana Strategis Unit Kerja
3. Tinjauan Manajemen
4. Sasaran Standar Mutu Lembaga
5. Progress Standar Mutu Lembaga

Hasil AMI Tahun 2019 Atau Yang Sebelumnya Perlu Di Evaluasi Kembali Tindak Lanjutnya. Untuk Itu masing-Masing Unit Kerja Meninjau Kembali Temuan-Temuan Tahun Lalu & Menyediakan Bukti-Bukti Perbaikan Yang Telah Dilakukan Sesuai Perencanaan Yang Dibuat. Lingkup Ini Berlaku Untuk Seluruh Unit Kerja.

Dengan Telah Diterbitkannya Peraturan Rektor Universitas Islam Raden Rahmat Nomor 1 Tahun 2016 tentang Struktur Organasasi dan Tata Kelola (SOTK), Maka Format Rencana Strategis (Renstra) Unit Kerja Di UNIRA Malang Perlu Ada Penyesuaian Format. Untuk Itu, Melalui AMI Ini, Renstra Di Masing-Masing Unit Kerja Di Evaluasi Kesesuaian Formatnya Sesuai Peraturan Tersebut. Selain Itu Dengan Adanya Persyaratan Keberadaan Renstra Dalam Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT 3.0), Maka Beberapa Poin Evaluasi Terkait Renstra Juga Menjadi Bagian Dalam Lingkup Ini. Selain Laboratorium, Semua Unit Kerja Di UNIRA Wajib Memiliki Renstra.

Dengan Berlakunya Instrumen Akreditasi Yang Baru & SN-Dikti, Serta Untuk Memenuhi Standar Mutu UNIRA Malang, Maka Di Dalam Laporan Standar Mutu Lembaga Masing-Masing Unit Kerja Diharuskan Untuk Membahas Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT).

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 67 times, 1 visits today)