Universitas Islam Raden Rahmat Gelar Asesmen Lapangan (AL) Bersama Asesor BAN-PT

Jum’at-Sabtu (27-28 November 2020) Universitas Islam Raden Rahmat Menyelenggarakan Proses AL (Asesmen Lapangan) Akreditasi Perguruan Tinggi (Universitas Islam Raden Rahmat) Bersama Tim Asesor BAN-PT Yang Terdiri Dari: 1. Dr. Ir. Suhanan, DEA (Universitas Gadjah Mada) 2. Prof. Dr. Muhammad Nasir, S.E, M.Si (Universitas Muslim Indonesia) 3. Prof. Dr. Drs. Ahmad Thib Raya, B.A, M.A (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Sekretaris Yayasan (Drs. Mahmud Ghozali, M.Si), Rektor (Dr. Hasan Abadi, S.Ag, M.AP)
Wakil Rektor I (Dr. Sutomo, S.Ag, M.Sos) Kepala LPM (Sinollah, S.Sos, M.AB)
Kepala Humas (R. M. Mahrus Alie, S.Sos, M.M)

Kegiatan Asesmen Lapangan (Proses AL) Ini Merupakan Bentuk Klarifikasi Sekaligus Bentuk Akuntabilitas (Pertanggungjawaban) Publik Terhadap Mutu Kualitas Pendidikan Tinggi Dalam Hal Ini Mutu Kualitas Universitas Islam Raden Rahmat Itu Sendiri.

Pimpinan UNIRA MALANG Bersama Tim Asesor BAN-PT

Proses AL Kali Ini Menggunakan Sistem Daring (Online) Dikarenakan Adanya Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Dewan Eksekutif (DE BAN-PT) Mengambil Sikap Dan Langkah Untuk Dilaksanakan Asesmen Lapangan (AL) Secara Daring Karena Kunjungan Ke Perguruan Tinggi Tidak Dapat Dilakukan Selama Masa Pandemi COVID-19 Ini Yang Diikuti Dengan Kebijakan Physical Distancing dan Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 Akan Berakhir Dan Kapan Kebijakan Physical Distancing Dan Pengendalian Transportasi Akan Dicabut Oleh Pemerintah. Maka Langkah Ini Sangat Penting Untuk Dapat Diambil. Terlebih Perguruan Tinggi Sangat Menantikan Proses Dan Hasil Asesmen Akreditasi Sebagai Bentuk Pertanggung jawaban Publik Dan Untuk Melindungi Kepentingan Mahasiswa Dan Masyarakat.

Proses AL APT Secara Daring (Online) 27-28 November 2020

Dokumen Yang Diperlukan Saaat Mengunggah Kedalam Sistem SAPTO BAN-PT Sebagai Berikut:
1. Surat Pengantar Pimpinan Perguruan Tinggi
2. Surat Pernyataan Pimpinan Perguruan Tinggi
3. Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT)
4. Laporan Evaluasi Diri Perguruan Tinggi (LEDPT)
5. Lampiran Kinerja Perguruan Tinggi (Statuta, Renstra)
6. Data Kuantitatif Perguruan Tinggi (Excel)

Pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) Secara Daring Tetap Mengacu Pada Pedoman Asesmen Lapangan Sesuai Instrumen Yang Telah Ditetapkan Oleh BAN-PT. Hal Yang Membedakan Hanyalah Modus Asesmen Lapangan Yang Dilakukan Secara Daring. Proses Wawancara (Interview) Konfirmasi Data Dan Informasi Dilakukan Melalui Video Conference (Zoom Cloud Meeting) Dengan Modality Online Meeting Yang Tersedia.

Database Dokumen Fisik IAPT 3.0

Akreditasi Merupakan Kegiatan Penilaian Sesuai Dengan Kriteria Yang Telah Ditetapkan Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012. Akreditasi Adalah Kegiatan Penilaian Untuk Menentukan Kelayakan Perguruan Tinggi dan Program Studi Dan Dilakukan Dengan Tujuan Untuk:
1. Menentukan Kelayakan Perguruan Tinggi dan Program Studi Berdasarkan Kriteria Yang Mengacu Pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
2. Menjamin Mutu Perguruan Tinggi dan Program Studi Secara Eksternal Baik Dibidang Akademik Maupun Non Akademik Untuk Melindungi Kepentingan Mahasiswa dan Masyarakat.

9 Kriteria Penilaian Oleh Tim Asesor BAN-PT Sebagai Berikut:
1. Visi Misi Tujuan Sasaran dan Strategi Pencapaian
2. Tata Pamong Tata Kelola dan Kerjasama
3. Mahasiswa
4. Sumber Daya Manusia
5. Keuangan, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi
6. Pendidikan
7. Penelitian
8. Pengabdian Kepada Masyarakat
9. Luaran dan Capaian Tridharma

Menurut Pasal 12 Ayat (2) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud RI) Nomor 5 Tahun 2020 Tahapan Akreditasi Sebagai Berikut:
1. Evaluasi Data dan Informasi
2. Penetapan Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi
3. Pemantauan dan Evaluasi Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi

Tahap Evaluasi Data dan Informasi Merupakan Proses Penilaian Terhadap Permohonan Yang Diajukan Oleh Pimpinan Perguruan Tinggi ke BAN-PT. Evaluasi Kecukupan Atas Data dan Informasi Sebagaimana Dimaksud Pada Pasal 13 Ayat (1) Huruf b Dilakukan Oleh Asesor Dilakukan Oleh Asesor (Pasal 13 Ayat (2) Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020). Evaluasi Tersebut, Asesor BAN-PT Menggunakan Data dan Informasi Di PDDikti dan Dokumen Lain Yang Diajukan Oleh Perguruan Tinggi. Dalam Hal Kondisi Tertentu Dapat Melakukan Asesmen Lapangan Sesuai Dengan Kebutuhan*

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 64 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *