Pendidikan Agama Islam (PAI S2) Raih Predikat Akreditasi B Dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Selasa, 08 September 2020 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI S2) Meraih Predikat Akreditasi B Dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dengan SK BAN-PT No. 5307/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2020 tertanggal 08 September 2020 tentang Penerbitan Sertifkat & SK Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI S2) Dengan Memperoleh Nilai 323 Berlaku Selama 5 Tahun Terhitung Tanggal Terbit Yang Telah Diterbitkan Oleh BAN-PT. Setelah Melalui Perjuangan Yang Cukup Panjang Sejak Tahun 2018 Mulai Dari Pengiriman Borang Akreditasi Dengan Portofolio (Hardcopy) Sampai Berganti Dengan Sistem SAPTO BAN-PT.

Dr. Hasan Abadi, S.Ag, M.AP (Rektor UNIRA Malang)

Akhirnya Pada Tanggal 2-3 September 2020 Dilakukan Asesmen Lapangan (AL) Dalam Jaringan (Daring), Karena Dimasa Pandemi Yang Biasanya Visitasi Dilakukan Secara Tatap Muka. Asesmen Lapangan (Daring) Merupakan Yang Pertama Kali Dialami Oleh Universitas Islam Raden Rahmat Sehingga Perlu Dilakukan Persiapan Yang Baik Di Segala Bidang Terutama Penyediaan Link Dokumen Secara Online Dan Perangkat Lunak Yang Memadai Untuk Kelancaran Proses Visitasi.

Alhamdulillah Berkat Kerjasama Semua Civitas Akademika, Proses Asesmen Berjalan Lancar Selama 2 Hari.

Proses AL Online
Kampus UNIRA Malang

Asesmen Lapangan (AL) Daring Dilakukan Oleh Asesor BAN-PT Yaitu Prof. Dr. Syamsun Ni’am (IAN Tulungagung) dan Prof. Dr. Kamrani Buseri (IAIN Antasari Banjarmasin), Melalui Proses Visitasi (AL) Ini Banyak Masukan Dari Asesor Untuk Perbaikan Sistem Dan Kemajuan Program Pascasarjana.

Sertifikat Akreditasi PAI S2
Tim Akreditasi PAI S2

Adapun Komponen Penilaian Dari BAN-PT Adalah 7 Standard Yaitu: 1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Pencapaian. 2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Penjaminan Mutu. 3. Mahasiswa. 4. Sumber Daya Manusia. 5. Kurikulum. 6. Pembiayaan, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi. 7. Penelitian, Pengabdian dan Kerjasama.

Rektor UNIRA Malang (Hasan Abadi) Mengungkapkan Bahwa “Alhamdulillah Setelah Melalui Asesmen Lapangan dan Desk Evaluasi BAN-PT, Prodi PAI S2 Mendapatkan Nilai 323 Predikat B. Maka Dengan Ditetapkan Sertifikat & SK Akreditasi Ini, Maka Lulusan S2 MPAI UNIRA Malang Bisa Diakui Oleh Pemerintah dan Masuk Penilaian Untuk Kepangkatan Para ASN” Ujarnya.

Rektor UNIRA Malang (Beliau) Yakin Kampus Ini Akan Terus Berkembang Pesat Dengan Memperhatikan Budaya Mutu dan Terus Berusaha Meningkatkan Predikat Akreditasi Program Studi Yang Lain Dan Yang Tak Kalah Pentingnya Menyambut Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dan Akreditasi Program Studi (APS).

Hasan Abadi Selaku Rektor Juga Menyampaikan Terimakasih Kepada Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat (YPTI.RR), PJM dan Seluruh Civitas Akademika Atas Kerja Keras dan Cerdas Atas Harmoni dan Bahagianya.

*Selamat Atas Diraihnya Predikat Akreditasi B Program Studi Pendidikan Agama Islam*

Tim IT PJM

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *