PJM UNIRA Malang Melaksanakan Pendampingan IAPS 4.0 Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah

Senin 06 April 2020, Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Islam Raden Rahmat Melaksanakan Pendampingan IAPS 4.0 Program Studi Ekonomi Syariah (ES) dan Perbankan Syariah (PS) Yang Berlangsung Di Ruang Galeri Investasi Syariah (GIS) Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) UNIRA Malang. Proses Penilaian IAPS 4.0 Bukan Hanya Terbatas Pada Input, Proses Dan Output Saja, Tetapi Penilaian Instrumen Akreditasi Harus Berbasis Data Dan Berbasis Outcome. Untuk Itu, Perguruan Tinggi Dan Juga Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Dalam Hal Ini Fakultas Agar Dapat Cepat Tanggap Terhadap Perubahan-Perubahan Aturan Tentang Akreditasi IAPS 4.0 (9 Kriteria) Terbaru Yang Diluncurkan Oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

LED Dan LKPS Berfokus Pada Pengembangan Program Studi. LED Harus Memuat 9 Kriteria Akreditasi Yang Meliputi: (1) Visi Misi Tujuan Dan Strategi Pencapaian (2) Tata Pamong, Tata Kelola Dan Kerjasama (3) Mahasiswa (4) Sumber Daya Manusia (5) Keuangan, Sistem Informasi Dan Sarana Prasarana (6) Pendidikan (7) Penelitian (8) Pengabdian Kepada Masyarakat (9) Luaran Dan Capaian Tridharma.

Sesuai Dengan Permendikbud RI No. 5 Tahun 2020 Tentang “Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi”BAN-PT Mengembangkan Instrumen Akreditasi Yang Relevan Dengan Pengembangan Sektor Pendidikan Tinggi Di Indonesia Dan Mengikuti Perkembangan Global. Proses Pendampingan Serta Pemaparan IAPS 4.0 Di Sampaikan Oleh Bapak Sinollah, S.Sos, M.AB Selaku Sekretaris PJM UNIRA Malang. Beliau Dalam Penyampaiannya Mengatakan Bahwa Dalam Peningkatan Akreditasi IAPS 4.0 Kedepan Yaitu:
1. Meningkatkan Kualitas Kelembagaan PT dan Prodi Melalui Pelatihan Penjaminan Mutu, Bimtek Penjaminan Mutu, Sosialisasi Penyusunan SPMI Maupun SPME Serta Peningkatan Bentuk Kerjasama Perguruan Tinggi/Program Studi Dan Monev Internal.
2. Meningkatkan Kualias Prodi Seperti Pemenuhan Ratio Dosen Dengan Mahasiswa, Mendorong Peningkatan Jumlah Jenjang Pendidikan Dosen Prodi Melalui Tugas Belajar/Izin Belajar.
3. Memfasilitasi Peningkatan Jumlah Jabatan Akademik Dosen Prodi Dari Asisten Ahli (AA), Lektor (L), Lektor Kepala (LK) Ke Guru Besar (Profesor).
4. Mendorong Dan Memfasilitasi Jumlah Kinerja Penelitian, PKM Dan Jumlah Artikel Ilmiah Terindeks Per-Dosen Dan Kinerja Inovasi Pada Prodi.
5. Peningkatan Kinerja Kemahasiswaan Seperti Peningkatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dan Kompetensi Penalaran Mahasiswa (ON-MIPA).

Berikut Dokumentasi Pendampingan IAPS 4.0 Program Studi ES & PS

Dosen Ekonomi Syariah (ES) & Perbankan Syariah (PS)
Pemaparan IAPS 4.0 Untuk Akreditasi Program Studi
Pemaparan Serta Penyusunan Instrumen Akreditasi Terbaru IAPS 4.0 (Program Studi)
Print Friendly, PDF & Email
(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *